Minggu, 14 Mei 2017

Pelajaran Seorang Kawan


Sekali waktu saya ngobrol-ngidul dengan seorang kawan. Energi kawan yang satu ini memang dahsyat. Saya kerap mengamatinya. Di setiap kesempatan ia selalu menjadi pihak yang paling banyak mengemukakan pendapat. Entah di obrolan ringan, entah di forum resmi, ia selalu mendominasi.
Saya sempat berpikir, manusia model seperti ini hebat betul. Ndak ada capeknya. Energinya luar biasa. Bisa ngomong dan mengomentari apa saja. Ia nyaris tak pernah diam, kecuali saat mendengar khutbah jum'at barangkali. Andaikata agama mengizinkan, saya pikir tidak akan ada khatib yang lolos dari interupsinya.
Darinya saya belajar banyak, termasuk yang paling utama saya bisa membedakan apa itu dialog, apa itu monolog. Di banyak kesempatan, betapa mudah kita menjumpai orang yang hanya dikaruniai Tuhan kemampuan untuk mendengarkan suaranya sendiri. Mereka, barangkali, sama sekali tidak berminat dan tertarik untuk belajar mendengarkan orang lain.
Orang-orang seperti ini sejatinya tidak pernah bisa diajak ngobrol. Bawaannya pengen seminar terus. Bawaannya selalu bernafsu mendudukkan lawan bicaranya sebagai audien. Selalu meneror mitra cakap-cakapnya dengan serangkaian ceramah yang sifatnya satu arah.
Orang yang demikian ini mudah cirinya: kalau ngomong lebih sering menggunakan kata ganti saya. Menonjolkan peran dan perbuatan serta jasa-jasa yang telah dilakukannya.
Orang seperti ini sesungguhnya sedang mati-matian menutupi kelemahannya dengan cara menggarisbawahi jasa dan prestasinya. Ia lebih suka bermonolog daripada berdialog. Ia lebih suka komentar daripada mendengar. Padahal, seperti kata kata pepatah, pribadi yang beginian ini omongannya hanya memggergaji angin. Sia-sia belaka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Saya

Kolumnis lahir di Lamongan, sekolah di Jombang kemudian semi menetap di Jakarta. Menjalani hidup biasa-biasa saja. Karya yang telah diterbitkan: Modin Soimun (2015), Jangan Membonsai Ajaran Islam (2015)

Terbaru

recentposts

Kritik dan Saran

Nama

Email *

Pesan *