Selasa, 08 Agustus 2017

Muslim Pentol Korek


Judul Buku            : Muslim Pentol Korek
Terbit                     : Agustus 2017
Pengantar Wacana : Emha Ainun Nadjib

Fenomena keberagaman di Indonesia saat ini cenderung menghasilkan muslim-muslim yang berkepribadian pentol korek. Apa itu? Kepribadian yang digesek sedikit saja maka ia akan cepat menyala dan marah. Inilah fenomena keberagamaan paling mutakhir kita. Pribadi-pribadi semacam ini kian hari jumlahnya kian mengecambah, bak cendawan di musim hujan. Mereka gemar mengoreksi pola keberagamaan orang lain, bukan sebaliknya mengoreksi cara beragamanya sendiri.

Buku ini hadir sebagai buah permenungan yang reflektif dan intens atas apa yang barangkali terjadi pada fenomena keberagamaan kita. Laiknya cermin, tulisan-tulisan di buku ini merupakan pantulan dari realitas yang sesungguhnya. Meskipun tidak seratus persen persis, namun cermin setidaknya tidak pernah berbohong. Ia apa adanya memaparkan objek yang dibidiknya.


Buku “Muslim Pentol Korek” ini berisi esai-esai reflektif-argumentatif ihwal pola beragama yang lebih mengedepankan akal ketimbang okol. Buku ini mengupas hal-hal yang berkaitan fenomena keberagamaan mutakhir dengan pendekatan cara berpikir yang sehat, cenderung sarkas dan kental sentuhan nuansa humor.

Melalui "Muslim Pentol Korek" ini, sang penulis memosisikan buku ini sebagai rute yang menuntun pembaca untuk bertamasya ide. Melihat-lihat gagasan, meloncat dari satu pemikiran ke pemikiran lain, beranjak dari satu sudut pandang ke sudut pandang yang lain. Dengan demikian pembaca punya modal untuk merenung, kontemplasi, dan bercermin.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Saya

Kolumnis lahir di Lamongan, sekolah di Jombang kemudian semi menetap di Jakarta. Menjalani hidup biasa-biasa saja. Karya yang telah diterbitkan: Modin Soimun (2015), Jangan Membonsai Ajaran Islam (2015)

Terbaru

recentposts

Kritik dan Saran

Nama

Email *

Pesan *